Tinta yang Populer untuk Sablon Tas

Tinta yang Populer untuk Sablon Tas
Tinta yang Populer untuk Sablon Tas 

Apakah Anda sudah bosan dengan sablon tas milik Anda? Berbicara mengenai sablon, tidak semua tinta bisa digunakan untuk menyablon kanvas. Ada beberapa jenis saja yang populer dan sering dipakai. Berikut penjelasan dari masing-masing tinta sablon.

1. Tinta Sablon Plastisol 
Tinta pertama yang biasa digunakan untuk sablon tas yaitu tinta plastisol. Tinta plastisol merupakan tinta yang basisnya minyak dan memiliki kemampuan yang bagus dalam mencetak dot atau raster super kecil dengan hasil yang maksimal bisa transparansi atau opacity.

2. Tinta Sablon Rubber 
Tinta jenis ini digunakan untuk bahan kain tekstil. Tinta rubber memiliki bentuk seperti karet sehingga dapat melar bila Anda tarik. Tinta rubber tersedia dalam berbagai jenis kualitas di pasaran. Selain itu, tinta ini sangat bagus dan dapat dikenali pada bagian penutupnya. Hasil sablon juga lembut atau kasar bergantung elastisitas dari tinta itu sendiri.

3. Tinta Sablon Extender 
Tinta extender yaitu jenis tinta sablon yang memiliki karakteristik transparan atau bening. Tinta ini sangat sesuai untuk digunakan menyablon dengan teknik separasi atau menumpuk beberapa warna.
Tinta extender memiliki permukaan yang halus saat disentuh karena dapat menyerap ke pori-pori kain dengan cukup baik. Selain itu tinta ini juga masih bisa digunakan untuk sablon tekstil. Sebagian besar menggunakan tinta extender pada kain yang berwarna gelap

4. Tinta Foaming 
Tinta foaming bisa menimbulkan efek timbul karena dapat mengembang jika terkena mesin press yang panas. Biasanya digunakan untuk tas maupun tekstil. Tinta ini tersedia dalam berbagai jenis warna. Tinta ini biasa digunakan pada sablon tas murah maupun mahal.

5. Tinta Metalic 
Tinta berikutnya adalah tinta metalic. Tinta ini digunakan agar menghasilkan warna silver atau gold. Komponennya yaitu binder metalic dan serbuk metalic. Kedua bahan ini dicampur saat menyablon. Cara penggunaan juga harus mendadak saat akan melakukan penyablonan.

6. Tinta Soft White 
Tinta ini sering digunakan untuk sablon di atas bahan tekstil. Pertama muncul tinta ini digunakan untuk menghasilkan efek vintage yang samar karena karakternya yang halus. Namun sekarang tinta ini banyak dipakai untuk menyablon kaos yang menggunakan teknik raster atau gradasi yang cukup sulit ketika menggunakan tinta rubber saja. Warna tinta ini yaitu putih.

7. Tinta Discharge 
Tinta jenis ini biasa disebut tinta cabut warna. Efek yang ditimbulkan yaitu dapat menghilangkan atau mencabut warna kain katun. Kain katun yang beraneka warna bisa dihilangkan dengan tinta discharge. Sehingga pewarna pada kain katun bisa hilang dan kembali ke warna asal.

8. Tinta Glitters 
Tinta ini hasil percampuran lem glitter dan serbuk glitter. Kegunaan tinta ini yaitu menghasilkan efek gemerlap. Ada cara khusus untuk menyablon dengan tinta ini. Salah satunya dengan menyablon dahulu lem glitters kemudian glitters ditaburkan pada sablonan yang lemnya masih basah.

Banyak tinta yang bisa digunakan untuk sablon tas. Anda bisa memilih yang sesuai kebutuhan serta kegunaan. Sebaiknya Anda membeli tinta di toko khusus menjual tinta sablon agar kualitas dari tinta terjamin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tinta yang Populer untuk Sablon Tas "

Posting Komentar